Senin, 10 Agustus 2020

PERMAINAN BOLA VOLI: Pengertian, Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Bola Vol

Permainan Bola Voli merupakan olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain yang area permainannya dipisahkan oleh net.

Tujuan olahraga ini adalah memukul bola hingga melewati net sekaligus menjatuhkannya ke lantai lapangan di area lawan. Cara memukul bolanya pun tidak boleh sembarangan, karena ada teknik-teknik tertentu yang harus dikuasai para pemain.

Permainannya sendiri dibagi menjadi 2–3 babak. Tim yang mendapatkan skor 25 terlebih dahulu akan dinyatakan sebagai pemenang di babak tersebut. Pemenang pertandingan adalah tim yang berhasil memenangkan dua babak.

Sejarah Bola Voli 

Olahraga bola voli diciptakan pertama kali oleh William G. Morgan di sekitar akhir abad 19. William G. Morgan dahulunya bekerja di Young Men’s Christian Association (YMCA) di Massachusetts, khususnya di bidang pendidikan jasmani. William G. Morgan awalnya terinspirasi dari basket yang diciptakan oleh James Naismith. William rupanya ingin menciptakan sebuah permainan untuk orang-orang tua, sebuah olahraga yang tidak terlalu menuntut kekuatan fisik seperti berlari. Dari sinilah William akhirnya menciptakan permainan yang diberi nama mintonette. Mintonette yang dikenal sebagai voli di zaman sekarang ini merupakan olahraga yang menggabungkan unsur basket, bulu tangkis, hingga baseball. Seiring dengan berjalannya waktu, mintonette disukai oleh banyak orang dan permainan ini pun semakin berkembang. Namanya pun resmi berubah menjadi volleyball (bola voli) pada tahun 1896. Di Indonesia sendiri, permainan bola voli ini sudah dikenal sejak masa penjajahan. Negara Belanda dulunya “membawa” olahraga ini ke Indonesia dan memainkannya bersama golongan bangsawan.Sejak saat itulah olahraga voli terus mengalami perkembangan, terutama setelah Indonesia merdeka. Klub-klub bola voli mulai bermunculan di berbagai daerah. Pada tahun 1955, akhirnya dibentuklah sebuah organisasi untuk olahraga voli, yaitu PBVSI.

1.  Aturan Main dan Pelanggaran

  • Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki setiap tim, yaitu spikertosserdefender, dan libero.
  • Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang.
  • Permainan dimulai dengan lempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis pertama kali.
  • Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.
  • Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.
  • Pemain harus melakukan passingsmash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau masuk ke area lawan.
  • Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.
  • Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti pada permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinilai sebagai suatu pelanggaran.
  • Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.
  • Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.
  • Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.
  • Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

2. Penghitungan skor

Permainan bola voli biasanya berlangsung selama 3-5 set atau selisih kemenangan 2 set.  Sementara untuk penghitungan skor, olahraga ini menggunakan sistem rally point dengan jumlah poin 25. Artinya, tim yang mendapatkan poin 25 terlebih dahulu akan dinyatakan menang di babak tersebut. Akan tetapi, apabila terjadi skor seri (misalnya 24-24), poin kemenangan akan berubah. Pertandingan otomatis dilanjutkan sampai ada salah satu tim yang berhasil memimpin dengan selisih dua angka.

Sama seperti olahraga lainnya, voli juga dimainkan di lapangan dengan ukuran tertentu. Tak hanya luas lapangan, Anda juga harus mengetahui setiap aspek yang ada di dalamnya, termasuk net dan bola.

1. Lapangan Bola Voli

ukuran lapangan bola voli
via google images
  • Panjang : 18 meter
  • Lebar : 9 meter
  • Lebar garis lapangan : 5 cm
  • Area serang : 3 meter dari garis tengah
  • Panjang area servis : 3 meter di belakang garis lapangan

2. Net Bola Voli

pixabay.com
  • Tinggi net untuk voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net untuk voli putri : 2,24 meter
  • Panjang net : 9 meter
  • Lebar net : 1 meter
  • Jarak tiang net dengan garis tepi lapangan :  0,5–1 meter
  • Lebar pita tepian net : 5 cm
  • Ukuran jaring : 10 cm (berbentuk persegi)
  • Tinggi antena : 80 cm di atas net

3. Bola Voli

revide.com.br
  • Bahan : kulit atau yang sintetis
  • Bentuk : bulat sempurna
  • Diameter : 18–20 cm
  • Keliling lingkaran : 65–67 cm
  • Berat : 260–280 gram
  • Tekanan : 4,26 – 4,61 hPa/psi

Teknik Dasar Bola Voli

Bermain voli membutuhkan teknik-teknik tertentu, jadi pemain pun tidak bisa memukul bola seenaknya. Setidaknya ada empat teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain, yaitu servis, passingsmash, dan juga blocking.

1. Servis

teknik dasar bola voli
pcdn.co

Servis adalah memukul bola dari luar garis lapangan untuk memulai permainan. Servis bisa sangat menentukan jalannya permainan, karena itu pukulan bola harus dilakukan dengan kuat dan tepat. Melakukan servis pun tidak boleh sembarangan dan ada tekniknya.

Macam-macam servis sebagai berikut.

a. Servis Bawah
Servis ini cocok dilakukan oleh pemula, langkah awalnya dengan memegang bola di tangan kiri, posisikan agak di depan badan dan sejajar pinggang. Tangan kanan (posisi mengepal) kemudian berayun dari belakang ke depan dan memukul bola dari arah bawah.

b. Servis Atas
Servis ini dilakukan dengan posisi bola berada di atas. Servis ini pun bisa dilakukan dengan beberapa jenis teknik, misalnya floating dan jumping service.

2. Passing

Teknik passing dilakukan untuk mengendalikan permainan. Pemain dapat melakukan passing  untuk menerima bola, menangkis, sekaligus mengembalikan serangan lawan. Passing juga berguna untuk mengoper bola atau memberikan umpan kepada rekan satu tim.

Sama seperti servis, passing juga dilakukan dengan dua macam cara.

a. Passing Atas
Teknik ini biasanya dilakukan untuk memberikan umpan kepada rekan setim yang akan melakukan smashPassing atas dilakukan dengan kedua tangan. Bola diterima dengan kedua telapak tangan lalu melambungkannya lagi ke atas atau ke arah yang diinginkan.

b. Passing Bawah
Teknik ini dilakukan ketika bola sudah berada di posisi rendah (di bawah kepala). Teknik inipun dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu satu dan dua tangan.

3. Smash atau Spike

via google images

Smash termasuk dalam teknik menyerang yang membutuhkan insting, kekuatan tangan, dan juga keakuratan tinggi. Smash bertujuan untuk mematahkan serangan lawan sekaligus untuk mencetak poin.

Teknik melakukan smash pun hampir mirip seperti jumping service, yaitu dengan cara melompat dan memukul bola dengan sangat kuat. Setidaknya, ada empat tahap gerakan dalam melakukan smash, yaitu berlari, melompat, memukul bola, lalu mendarat.

4. Blocking

liputan6.com

Teknik ini berguna untuk menahan serangan sekaligus mencegah agar lawan gagal mencetak poin. Cara melakukan blocking adalah berdiri di dekat net dan harus dalam posisi siap melompat.

Ketika serangan bola datang, pemain harus langsung melompat sambil mengangkat kedua tangan untuk menghalau bola. Teknik ini memang terlihat lebih mudah ketimbang yang lainnya, tetapi blocking tetap membutuhkan latihan agar pemain bisa menguasainya.


Sumber materi : https://salamadian.com/permainan-bola-voli/


115 komentar:

  1. Balasan
    1. Nama: Serly Winarti
      Kelas: IX Al-mumtaz

      Hapus
    2. Nama: Shahnaz Fahmatul Fajriah
      Kelas: IX Al-Mumtaz

      Hapus
    3. Nama: nayyara nazli wafia
      Kls : IX almumtaz

      Hapus
    4. ASSALAMUALAKKUM MR

      NAMA:SITI AULIA ARUM
      KELAS:8 AL AZIZ

      Hapus
    5. Nama: Geraldo
      Kelas: 9 Arrahim

      Hapus
    6. Nama:Fitria citra oktavia
      Kelas:Vll al-ghaffar

      Hapus
    7. Nama:Della Nabila Apriliani
      Kelas:7 Al-Huffadz
      ternyata teknik dasar dalam permainan bola voli ada 4

      Hapus
    8. Nama:Muhamad Naka Kaiser
      Kelas:9 As-syakur

      Menurut saya voli adalah permainan bola besar yang dimainkan 6 orang

      Hapus
    9. Mohammad Iqbal intishar
      9 ar razzaq

      Hapus
    10. Nama: Tazkiyah Wardah Abdullah kelas 9 al-mumtaz,menurut saya bola voli adalah permainan yang dimain kan oleh dua tim dan masing² tim berisi 6 pemain,lalu ada 4 teknik dasar yaitu,servis, passing, smash, dan juga blocking

      Hapus
    11. Nama: Nindya Salsabila Arrahmah
      Kelas: 9 Al Mumtaz
      Menurut saya, permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan dengan bola karet dan setiap tim terdiri dari 6 orang. Dan dipisahkan oleh sebuah net di tengah-tengahnya. Tujuan bermain bola voli yaitu menjatuhkan bola di area lawan. Ada 4 teknik dasar permainan voli, yaitu passing, servis, spike atau smash, dan blocking

      Hapus
    12. Nama: Anazhifa mayla
      kelas: 7b al fattah

      Menurut saya bola voli adalah permainan bola besar yang bahan bola nya menggunakan bahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim.

      Hapus
  2. Assalamualaikum Mr
    Nama=Syafira Fitriani
    Kelas=7 Al huffadz

    BalasHapus
  3. Nama:Lulu Adhwa Farihah
    Kelas:7 Al-hufadz

    BalasHapus
  4. Nama=Muhammad Dafi Akmal
    Kelas=VII Al-huffadz

    BalasHapus
  5. Hadir
    Nama: Nayla Tsabitha Az-zalfa
    Kelas:VII AL-HUFFADZ

    BalasHapus
  6. Nama: DHYA AMALIA NANDA PRAWIDA
    Kelas:7 Al-huffadz

    BalasHapus
  7. Nama: Muhammad sazwan
    Kelas: 7 AL-HUFFAZD

    BalasHapus
  8. Nama: Muhammad Adly Hendryan
    Kelas: 7 Al Huffadz

    BalasHapus
  9. Nama:Jihan wisdy azhara
    Kelas:7 AL-HUFFADZ

    BalasHapus
  10. Nama:Khaila tania setiawan
    Kelas:7 Al Ghaffar

    BalasHapus
  11. Nama : Syabila Vania Aretha
    Kelas : 7 Al ghaffar

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Nama:Geosandrika patricia
    Kelas:Al-Ghaffaar

    BalasHapus
  14. Nama: Giani Calista Azwa
    Kelas:7 Al-Huffadz

    BalasHapus
  15. Nama: Muhammad Anjas Alwi Alhafsi
    Kelas: VII AL GHAFFAAR

    BalasHapus
  16. Nama : Chaura fitri tahta arianto
    Kelas : VII AL-GHAFFAR

    BalasHapus
  17. Nama : Chaura fitri tahta arianto
    Kelas : VII AL-GHAFFAR

    BalasHapus
  18. Nama : Arbella Raisya Mutiarizqi
    kelas : VII Al-Ghaffar

    BalasHapus
  19. Nama:adhwa kawakiba
    Kelas:VII al-hufadz

    BalasHapus
  20. Hadir
    Nama:Aditya Muhammad Marlan
    Kelas:VII Al-Mushawwir

    BalasHapus
  21. Hadir
    Nama: Rizal Aulia Revan
    Kelas:VII AL-MUSHAWWIR

    BalasHapus
  22. Nama: Mutiara Destriyani
    Kelas: VII Al-Qaahar

    BalasHapus
  23. Nama:rara titi egita
    Kelas:VII Al-Qaahar

    BalasHapus
  24. Nama : M.Guntur Abimanyu
    Kelas : 7 Al-Qahar

    BalasHapus
  25. Nama : Neysa Nadhilah Rifana
    Kelas: VII Al-Qahhaar

    BalasHapus
  26. Nama:Raisya Azizah
    Kelas: VII Al-Qahhaar

    BalasHapus
  27. Nama:Ratu alinda ana tasya
    Kelas:VII Al-Qohhar

    BalasHapus
  28. Nama:Ratu alinda ana tasya
    Kelas:VII Al-Qohhar

    BalasHapus
  29. Nama : Rayya Khalishah
    Kelas : VII al-qahhaar

    BalasHapus
  30. Nama: Raisa Aqila nazara
    Kelas: VII Al-Qohhar

    BalasHapus
  31. Nama:sayyed Muhammad Taqi
    Kelas:VII AL-QAHHAAR

    BalasHapus
  32. Nama:Nabila alifya a.
    Kelas:8 al-Muhaimin

    BalasHapus
  33. Nama:Syahla hanayifa ramadani
    Kelas:8 al-Muhaimin

    BalasHapus
  34. Nama:Nadia Rahmatunisa
    Kelas:8 (al-muhaymin)

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama : Nindya Salsabila Arrahmah
    Kelas: 8 Al hafidz

    BalasHapus
  37. Nama: Gustafa esa Wildan kharisma
    Kelas:8 Al hafidz

    BalasHapus
  38. Nama:najwa syauqina
    Kls:8 al-hafidz

    BalasHapus
  39. nama:refina putri apriliani
    kls:8 al-hafiz

    BalasHapus
  40. Nama:ishamiy arrafi
    Kelas:8 al hafidz

    BalasHapus
  41. Nama:Abdillah yaafi syahputr
    Kelas= 8 al-hafidz

    BalasHapus
  42. Nama:Fachri baisa
    Kelas:9 Al-Mumtaz

    BalasHapus
  43. Amar ramadhan f.
    IX Al mumtaz

    BalasHapus
  44. Nama : Ila savila
    Kelas :9Almumtaz

    BalasHapus
  45. Nama : cindy Salsabila
    Kelas : 9 Al-Mumtaz

    BalasHapus
  46. Nama :iqbal Aflah A
    Kelas : 9 Al Mumtaz

    BalasHapus
  47. revani alisya putri
    IX al-mumtaz

    BalasHapus
  48. Danu maulana ilham
    Kelas VIII Al-Jabbar

    BalasHapus
  49. Nama:ibnu tsabitul azmi
    Kelas:9al mumtaz

    BalasHapus
  50. Nama:rasyarrel Zidane Alfaridzi
    Kelas:9 Al mumtaz

    BalasHapus
  51. Nama : Felicia Destaliza
    Kelas : IX Al Mumtaz

    BalasHapus
  52. Nama :Rahma assyifa septiani
    Kelas : 8 al aziz

    BalasHapus
  53. Nama:muhammad hafidz ash shiddiq
    Kelas:8 al-aziz

    BalasHapus
  54. Nama:Ghaza narendra satya manggala
    Kelas:8 al aziz

    BalasHapus
  55. nama : Arina cahya
    Kelas : 8 al aziz

    BalasHapus
  56. nama:opi reina putri kurniawan
    kelas: 8 al jabar

    BalasHapus
  57. Nama: Dewi AsiH
    Kelas : 8 AL AZIZ

    BalasHapus
  58. Nama:abi khalil ramadhan
    kelas:8 Al-aizi

    BalasHapus
  59. Nama : M Azmi Dawwas
    Kelas : AL AZIZ

    BalasHapus
  60. Nama : Agnia Salsabilla
    Kelas : 8 Al - aziz

    BalasHapus
  61. Nama : Nicky Dahlia Rahma
    Kelas : 8 Al - Jabbar

    BalasHapus
  62. Nama:Muhammad Naufal Farros
    Kelas:9 Ar-Rahman

    BalasHapus
  63. Nama:Aness A Dwi lestari Putri
    Kelas:9 Ar-Rahman

    BalasHapus
  64. Nama : Nayla Nur Izzaty
    Kelas : 9 Ar-Rahman

    BalasHapus
  65. Nama: hilda ainu syifa
    Kelas:9 Ar-rahman

    BalasHapus
  66. Nama: Abdul Fatah Syamsudin
    Kelas: XI Ar-rahim

    BalasHapus
  67. Nama : Rayhanun Amalia Zulva
    Kelas : 8 al-jabbar

    BalasHapus
  68. Nama : Ahmad farisi
    Kelas: 9 Ar- Rahman

    BalasHapus
  69. Naura zahra khalisha
    9 ar-rahim

    BalasHapus
  70. Nailah khairu syahirah
    IX ar rahim

    BalasHapus
  71. Nama:m.rafiq.kh
    Kelas:IX ar-rahim

    BalasHapus
  72. Syifa marsyha fadmanagara
    Ar rahman

    BalasHapus
  73. Muhammad Azfan Al Makhruji
    8 al aziz

    BalasHapus
  74. Nama:Nur Afaf
    Kls: 9 Asy-syakur

    Menurut saya, bola voli merupakan salah satu permainan bola besar yg menggabungkan unsur olahraga lain seperti basket,bulu tangkis, hingga baseball

    BalasHapus
  75. Gleamafo Matsuda Y.M
    9 As-Syakur

    BalasHapus
  76. Nama : Fani Putri Sutrisno
    Kelas : 9 As-Syakur

    BalasHapus
  77. Nama : Rahma assyifa septiani
    Kelas : 9 Ar razzaq
    Bola volley adalah permainan bola besar yg di main kan oleh 2 tim, masing masing tim terdiri dari 6 orang

    BalasHapus
  78. Nama:Ghaza narendra satya manggala
    Kelas:9 al-razzaq

    Permainan bola voli terdiri dari 2 regu.setiap regu terdiri dari 6 orang ada 4 peran yang harus dimiliki oleh setiap regu yaitu:spiker,tosser,defender dan libero

    BalasHapus
  79. Nama:Siti khairin azmatun hadijah
    Kelas:9 Ar-Razzaq

    BalasHapus
  80. Nama:muhammad azfan al makhruji

    BalasHapus
  81. Nama : gustafa esa Wildan kharisma
    Kelas: 9 Al Mumtaz
    Menurut saya voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain.

    BalasHapus
  82. Nama : zakhwan abid
    Kls:8 al hafiz

    BalasHapus
  83. Nama=Syafira Fitriani
    Kelas=8 Al Hafidz

    Menurut saya permainan bola voli adalah permainan yang menggunakan bola berbahan karet/kulit,yang dimana terdiri dari 2 tim dan masing masing berjumlah 6 orang.permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan,nama lain dari bola voli adalah mintonette dan resmi berubah menjadi volleyball pada tahun 1896.Tujuan dari permainan bola voli adalah memukul bola melewati net sekaligus menjatuhkannya ke lantai lapangan didalam garis lapangan tim lawan.teknik dasar bola voli yaitu servis,passing,spike/smash,blocking.

    BalasHapus
  84. Nama :Jihan Wisdy Azhara
    Kelas :8 Al Hafidz

    BalasHapus
  85. Nama : syahira diffa kirani
    Kelas: 9b ar razzaq

    Permainan bola voli di mainkan secara
    beregu,masing² regu berjumlah 6 orang

    BalasHapus
  86. Permainan bola voli termasuk permainan bola besar dimainkan oleh 2 tim masih masih 6 orang pemainnya pemain hanya boleh memantulkan bola


    Nama:Danu maulana ilham
    Kls:9 al-alim

    BalasHapus
  87. Nama : Rayhanun Amalia Zulva
    Kelas : 9C Al-Alim

    Terdapat variasi lain dalam bermain bola voli yaitu voli pantai

    BalasHapus
  88. Nama:rakhiewahyudi
    kelas 7b al-fattah

    BalasHapus
  89. Nama Adzin al fathan kelas 7b alfattah
    Apa itu permainan bola voli

    BalasHapus

PING PONG ADALAH TENIS MEJA

  PENGERTIAN TENIS MEJA: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Tenis Meja Pengertian Tenis Meja  – Di kalangan masyarakat Indonesia, tenis...