Sabtu, 21 November 2020

P3K(Petolongan Pertama Pada Kecelakaan)

 



·        Pengertian

PertolonganPertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan pertolongan pertama yang harus segera diberikan kepada korban yang mendapatkan kecelakaan atau penyakit mendadak dengan cepat dan tepat sebelum korban dibawa ke tempat rujukan atau Rumah sakit. P3k yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya.
P3k diberikan untuk menyelamatkan korban, meringankan penderitaan korban, mencegah cidera atau penyakit yang lebih parah, mempertahankan daya tahan korban, dan mencarikan pertolongan yang lebih lanjut.

·        Obat-obatan yang wajib ada di kotak p3k

1. Obat untuk luka bakar dan lebam/kita bisa menggunakan salep biaplacenton, paracetamol, ibuprofen, obat diare, larutan oralit/larutan gula dan garam.
2. Peralatan kotak obat, seperti ; kasa steril, cairan antiseptic/alcohol dan betadine, kapas, berbagai jenis plester, gunting, thermometer, peniti, tissue, cotton bud.
3.Al pelindung, seperti sarung tangan latex, dan juga masker.

·        Macam-macam cedera

1.  Memar, yaitu jenis cedera yang disebabkan oleh benturan atau pukulan pada kulit. Memar ini menimbulkan daerah kebiru-biruan atau kehitaman pada kulit, dikarenakan jaringan di bawah permukaan kulit rusak dan pembuluh darah kecil pecah, sehingga darah merembes ke sekitar kulit. Luka memar ini bisa di hentikan pendarahan kapiler nya melalui pengompresan area memar dengan menggunakan es batu selama 12-24 jam.

2.Pendarahan, yang biasa terjadi karena pecahnya pembuluh darah sebagai akibat trauma pukulan atau terjatuh. Pendarahan ada berbagai jenis ;
 Pendarahan hidung/mimisan, bisa diatasai dengan menggunakan daun sirih, yang dicuci bersih, kemudian di roll dan dimasukkan kedalam lubang hidung
Pendarahan mulut, bisa diatasi dengan penekanan secara langsung apabila yang mengalami pendarahan bibir/gusi. Dan apabila gigi goyang, jangan langsung kita cabut, tetapi langsung saja dibawa ke dokter gigi.
  Pendarahan  pada kulit, kita dapat menindaknya dengan cara ; membersihkan luka terlebih dahulu dengan menggunakan antiseptic/alcohol, lalu setelah luka kering kita dapat memberi obat yang mengandung antiseptic. Apabila sobekan luka lebih dari 1 cm, maka harus dijahit. Apabila lepuh/sobek bersihkan sisa-sisa kulitnya.

3 suatu keadaan yang mengalami keretakan , pecah atau patah baik pada   tulang maupun tulang rawan.
4.Kram otot, yaitu kontraksi terus-menerus yang dialami oleh otot atau sekelompok otot yang mengakibatkan rasa nyeri.

1 komentar:

PING PONG ADALAH TENIS MEJA

  PENGERTIAN TENIS MEJA: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Tenis Meja Pengertian Tenis Meja  – Di kalangan masyarakat Indonesia, tenis...