Senin, 20 Juli 2020

PERMAINAN BOLA BESAR (SEPAK BOLA) untuk siswa/siswi SMP Kelas VII

A.    Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepakbola

Siapakah di antara kamu yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Agar tubuh kita sehat dan kuat maka kita harus giat berolahraga. Apakah olahraga kegemaranmu? Apakah sepakbola termasuk olahraga kegemaranmu? Bagaimana teknis permainannya? Agar kalian bisa memahami tentang permainan sepakbola, pelajari materi ini dengan cermat!

1.      Pengertian dan Asal-Usul Sepakbola

Sekarang coba kamu baca tentang pengertian dan sejarah sepakbola berikut ini. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepakbola.

Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari. Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Atas inisiatif Julies Rimet pada tahun 1930 diselenggarakan kejuaraan dunia sepakbola pertama di Montevideo, Uruguay.

Kejuaraan sepakbola dunia diadakan 4 tahun sekali. Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bond. Pengurus PSSI pertama kali diketuai oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo. Mulai tahun 1966 diadakan kejuaraan sepakbola tingkat taruna remaja dengan nama “Piala Soeratin” (Soeratin Cup). Sumber: www.pssi-football.com.

2.      Lapangan dan Perlengkapan Permainan Sepakbola


 

3.      Pembelajaran Teknik Dasar Permainan

Sepakbola Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah gol akan terjadi. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari teknik dasar permainan sepakbola yang benar? Teknik permainan sepakbola terdiri dari bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan terampil, seorang pemain sepakbola dituntut untuk menguasai teknik dasar sepakbola.

 Tanpa penguasaan teknik yang baik, pemain sepakbola tidak mungkin dapat menguasai atau mengontrol bola dengan baik pula. Tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepakbola merupakan inti dari permainan sepakbola.

Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepakbola dengan baik. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan sepakbola dengan cermat, kemudian bermainlah bersama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara-cara bermain yang baik.

Yakinlah kamu “bisa menjadi apapun yang kamu inginkan, dengan catatan kamu serius dan sepenuh hati melakukannya” Permainan sepakbola akan berhasil dengan baik apabila ada kerja sama antara sesama di dalam tim. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar permainan sepakbola, coba kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan menendang bola dengan kaki yang mana mudah dilakukan.

 Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

a.       Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

b.      Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

c.       Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

d.      Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

e.       Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

f.       Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.

 

g.      Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

h.      Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.

Setelah kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi, selanjutnya kamu mempelajari teknik dasar menendang dan menahan bola permainan sepakbola yang benar. Teknik-teknik menendang, menahan, dan menggiring bola pada permainan sepakbola tersebut akan diuraikan secara lengkap sebagai berikut.

a.       Pembelajaran Teknik Menendang Bola

Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepakbola adalah menendang bola. Mungkin kita masih ingat pada waktu masih kecil pernah bermain sepakbola. Pada waktu itu tentu belum memilki keterampilan untuk menggunakan semua anggota tubuh dalam memainkan bola. Akan tetapi, dengan kemampuan melakukan gerakan menendang bola yang dimiliki saat itu kelihatannya kita sudah bisa bermain sepakbola. Teknik-teknik dasar menendang bola tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.

1.       Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan benar, ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola pada sisi dalam kaki.

2.       Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang lurus ke arah bola, perkenaan bola pada bagian punggung kaki.

3.       Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.

Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah dalam, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah dalam.

4.       Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Bagian Luar Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah luar, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah luar. B. Pembelajaran Teknik Menahan Bola

Menahan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepakbola. Apabila dilihat dari pergerakan menahan bola, maka sebenarnya gerakan ini merupakan kebalikan dari gerakan teknik menendang bola. Menahan bola dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain : menahan bola dengan telapak kaki, dengan punggung kaki, dengan kaki bagian dalam, dengan paha, dan dengan dada. Untuk menguasai teknik menahan bola, setiap siswa harus berlatih dengan tekun.

Teknik-teknik dasar menahan bola tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut. 1) Pembelajaran Menahan Bola yang Bergulir di Tanah dengan Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. Untuk dapat menahan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam dengan benar, saat akan menyentuh bola, kaki ditarik kembali ke belakang, bola dihentikan di samping kaki kiri.

b.      Pembelajaran Teknik Menggiring Bola

Menggiring bola (dribbling) pada dasarnya adalah melakukan gerakan menendang bola secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan. Menggiring bola dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar. Secara umum tujuan menggiring bola adalah melewati lawan, mendekati sasaran, mengecoh lawan, merubah irama permainan dan lain sebagainya. Sebelum kamu mempelajari teknik dasar menggiring bola permainan sepakbola, coba kamu bermain sepakbola yang dimodifikasi. Dalam bermain, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, dan toleransi. Sambil bermain coba kamu amati dan rasakan menggiring bola dengan kaki yang mana mudah dilakukan. Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

1.       Buatlah tiga kelompok yang jumlah pemainnya sama banyak.

2.       Pancangkanlah bendera 5 buah bendera dengan jarak 1–1,5 meter.

3.       Kemudian masing-masing kelompok berdiri berbanjar menghadap bendera yang dipasang 15–20 meter di depannya.

4.       Setelah ada aba-aba dimulai, pemain yang paling depan menggiring bola ke depan dengan zig-zag sampai bendera terakhir dan berbalik arah ke bendera pertama.

5.       Pemenangnya adalah kelompok yang terlebih dahulu menyelesaikan aktivitas menggiring bola, tanpa melakukan kesalahan.

6.       Coba diskusikan dengan temanmu, cara menggiring bola yang bagaimana paling baik dilakukan dalam menyelesaikan menggiring bola.


Diambil dari buku : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Penulis : Muhajir 
Penerbit : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. 

64 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Arbella 7 Al-Ghaffar

      Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam 2 babak(2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang.

      Hapus
    3. Fathar 7 alhufadz:
      salah satu cabang olahrga permainan beregu dan termasuk ke dalam jenis permainan bola besar.
      Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana atau bermain sepak bola dengan memodifikasi peraturan,artinya aturan bermain di sesuaikan dengan situasi dan kondisi.contohnya,jumlah pemain sepak bola yang sebenernya ada 11 orang dalam tiap regu.oleh karena keterbatasan luas lapangan atau jumlah pemain,maka kalian bisa memodifikasi aturan permainan dengan jumlah pemain di ubah menjadi 8 org.waktu yang seharusnua 2 × 45 menit di ubah menjadi 2 × 20 mnit

      Hapus
  2. Vania 7 al Ghaffar:
    Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

    BalasHapus
  3. Sepak bola terdiri dari 12 orang,waktu permainannya (45x2)dengan babak 2 pemain beristirahat 10 menit

    BalasHapus
  4. kita mengenal beberapa sebutan sepakbola.

    Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari. Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”

    BalasHapus
  5. Nama : Neysa Nadhilah Rifana.
    Kelas: VII Al-Qahhaar.

    Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk di perebutkan antara pemain-pemain, untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

    Permainan sepak bola, merupakan permainan peregu yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik.

    Permainan sepak bola, harus memiliki penguasaan teknik yang baik, karena tanpa kemampuan menguasai bola dengan baik, tidak mungkin dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain, karena kerja sama dalam permainan sepak bola merupakan inti dari permainan sepak bola.

    BalasHapus
  6. Nama :Mutiara Destriyani
    Kelas:VII Al-Qahhaar

    Sepak bola adalah suatu permainan bola besar dengan cara menyepak bola yang diperebutkan menuju gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri. Setiap pemain boleh menggunakan seluruh tubuhnya kecuali tangan dan lengan, hanya kiper yang di perbolehkan. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing terdiri dari 11 orang. Sepakbola dimainkan dalam 2 babak (2×45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak.

    BalasHapus
  7. Sepak bola (bahasa Inggris: Football atau Soccer) adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.

    BalasHapus
  8. Sepakbola merupakan olah raga permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.
    Teknik sepakbola dengan bola antara lain:
    (1) Teknik menendang bola,
    (2) Teknik menahan bola (trapping),
    (3) Teknik menggiring bola (dribbling),
    (4) Teknik gerak tipu,
    (5) Teknik menyundul bola (heading),
    (6) Teknik merebut bola (tackling),
    (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan
    (8) Teknik penjaga gawang.

    Muhammad Adly Hendryan - Kelas Al Huffadz

    BalasHapus
  9. Siapakah di antara kamu yang tidak ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat? Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat dan kuat. Agar tubuh kita sehat dan kuat maka kita harus giat berolahraga.

    BalasHapus
  10. NAMA:MUCHAMMAD ASFAQ
    KELAS:VII AL-MUSHHOWIR

    Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepakbola dengan baik. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan sepakbola dengan cermat, kemudian bermainlah bersama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara-cara bermain yang baik.

    BalasHapus
  11. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan diantara pemain-pemain

    Permainan sepakbola merupakan permainan beregu besar yang memerlukan keterampilan dan kerjasama yang baik.

    BalasHapus
  12. Arya Wiguna Al mushawwir: permainan soal bola pada umumnya sering dimainkan oleh laki laki dalam permainan boal ada juga teknik yang harus di mengerti
    -shooting
    -dribling
    -trapping
    -haedling
    -trackling
    -trow-in
    Dan penjaga gawang
    Dan permain bola dimainak dengan duatim yang berbeda

    BalasHapus
  13. nama : rayya khalishah
    kelas : VII Al-Qahhaar

    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.

    BalasHapus
  14. Sepakbola Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang.Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

    a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

    b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

    c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

    d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

    e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

    f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.



    g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

    h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit. Menggiring bola (dribbling) pada dasarnya adalah melakukan gerakan menendang bola secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan.

    BalasHapus
  15. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepakbola.Sepakbola Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah gol akan terjadi. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim.

    BalasHapus
  16. NAMA: M.Dafi Akmal
    Kelas: VII Al-huffadz

    Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

    Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer). Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.

    BalasHapus
  17. Sepak bola merupakan permainan yang memakai bola besar dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan sebelas orang,permainan ini dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) disertakan dengan istirahat 10 menit diantara dua babak.

    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

    a.Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

    b.Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

    c.Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

    d.Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

    e.Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

    f.Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.

    g.Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

    h.Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.

    Lulu adhwa farihah - kelas 7 AL-HUFADZ

    BalasHapus
  18. Nama:Maliki Ahmad rajabi
    Kelas:VII al-qahhaar

    Sepak bola adalah permainan dari zaman cina kuno pada zaman pemerintahan dinasti Han umumnya permainan sepak bola dimainkan oleh laki laki permainan ini dimainkan oleh 11 pemain dan waktu permainan (45x2) dan 2 istirahat dengan waktu 10 menit.

    BalasHapus
  19. Nama:Geosandrika patricia
    Kelas:VII Al ghaffar


    Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola (nama lain:football/soccer),dimainkan oleh dua tim yang masing masing beranggotakan 11 (sebelas) orang,pemain inti dan cadangan

    BalasHapus
  20. NAMA:ADRA KAYLA SAJIDAH
    KELAS:VII AL MUSHAWWIR

    Sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

    BalasHapus
  21. Nama. : chaura fitri tahta arianto
    Kelas.: VII Al-Ghaffar

    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.Menahan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepakbola. Pemenangnya adalah kelompok yang terlebih dahulu menyelesaikan aktivitas menggiring bola, tanpa melakukan kesalahan.

    BalasHapus
  22. Nama: Nayla Tsabitha Az-zalfa
    Kelas:7 al-huffazd

    Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan diantara pemain-pemain,yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

    Sepakbola termasuk permainan bola besar.Pemain sepakbola terdiri dari 11 pemain dari masing-masing tim.Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2×45menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut

    BalasHapus
  23. Nama :chaura fitri tahta arianto
    Kelas :VII Al-Ghaffar

    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.
    Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim. Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepakbola adalah menendang bola. Menahan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepakbola Pemenangnya adalah kelompok yang terlebih dahulu menyelesaikan aktivitas menggiring bola, tanpa melakukan kesalahan.

    BalasHapus
  24. Nama=qaira najhiah apriana
    Kelas=7 al-huffadz

    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”.Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan.pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA). Kejuaraan sepakbola dunia diadakan 4 tahun sekali.Pada tanggal 19 April 1930 dibentuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta dengan dukungan seluruh bond-bondTeknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang.

    BalasHapus
  25. Nama : Ratu Fatimah Syiharbanu VII Al-Mushawwir.
    Sepak bola adalah olahraga yang paling disukai di dunia, pemain inti dalam sepak bola berjumlah 11 yang mencakup bek,kiper,gelandang dan penyerang. Dalam sepakbola sendiri jika melakukan suatu pelanggaran maka akan dikenakan kartu kuning dan merah, adapun kartu hijau untuk memberikan penghargaan untuk pemain sepakbola.

    BalasHapus
  26. Nama :bunga camelia allsya rhasty
    Kelas:Vll AL-GHAFFAR

    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola,


    Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.
    Teknik sepakbola dengan bola antara

    lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepakbola dengan baik

    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

    a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

    b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

    c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

    d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

    e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

    f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.



    g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

    h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit

    BalasHapus
  27. DHYA AMALIA NANDA PRAWIDA 7 Al-huffadz

    Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing masing regu terdiri dari 11 pemain.sepakbola di mainkan dalam 2 babak (2x45 menit) di antara 2 babak tersebut.

    BalasHapus
  28. epak bola merupakan permainan yang memakai bola besar dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan sebelas orang,permainan ini dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) disertakan dengan istirahat 10 menit diantara dua babak.

    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.

    a.Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.

    b.Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.

    c.Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bolavoli yang memiliki garis tengah.

    d.Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.

    e.Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.

    f.Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.

    g.Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.

    h.Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 Muhammad sazwan - kelas 7 AL-HUFADZ

    BalasHapus
  29. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.
    Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. 
    Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. 

    BalasHapus
  30. Nama:maulana dzulqarnain sugiatno
    Kelas:al mushawwir

    Permainan bola besar
    Permainan ini menggunakan kaki.
    Dipermainan ini banyak sekali trik-trik yg unik
    Contohnya:
    Junggling,bagi yg tidak tau apa itu
    Junggling,junggling itu kita
    Menendang bola kerah atas
    Secara santai
    1.asal usul sepak bola
    Permainan ini dilakukan dengan merebut bola
    Dari musuh.dan cara mendapatkan point nya kita
    Harus masukan bola kegawang,tetapi cukup sulit untuk memasukan bola itu karena ada penjaga
    Gawang.dari peninggalan-peninggalan sejarah,
    Mengenal sepak bola.batas waktu 2x45


    Pada zaman cina kuno semasa pemerintahan
    Dinasti han,sepak bola dikenal dengan istilah tanchu.pada tanggal 26 oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut English Football assossiation.pada tanggal 21mei1930 berdirinya federasi sepak bola internasional dengan nama FEDERATION INTERNATIONAL DE FOOTBALL
    ASSOSSIATION

    Panjang dan lebar lapangan sepak bola

    Panjang:100m
    Lebar:50m





    BalasHapus
  31. Nama:Raisya Azizah
    Kelas:VII Al-Qahhaar

    Sepakbola adalah suatu permainan yang di lakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.

    BalasHapus
  32. Giani Calista Azwa
    VII Al-Huffadz

    Sepak bola adalah permainan bola besar yg dimainkan secara beregu. Jumlah pemain terdiri dari 12 orang (untuk dua tim). Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2×45 menit)
    Teknik sepak bola diantara nya:
    1. Menendang
    2. Menahan (trapping)
    3. Menggiring (dribbling)
    4. Gerak tipu
    5. Menyyundul (heading)
    6. Merebut bola (tackling)
    7. Lemparan ke dalam (throw-in)
    8. Penjaga gawang

    BalasHapus
  33. NAMA:Hazel abyzar ramadhan
    Kelas:VII Al-ghafar

    Sepakbola permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Tanpa penguasaan teknik yang baik,pemain sepakbola tidak mungkin dapat menguasai atau mengontrol bola dengan baik pula.

    BalasHapus
  34. NAMA:RIZAL AULIA REVAN
    KELAS:VII AL-MUSHAWWIR

    Salah satu gerak yang dominan dalam permainan sepakbola adalah menendang bola. Mungkin kita masih ingat pada waktu masih kecil pernah bermain sepakbola. Pada waktu itu tentu belum memilki keterampilan untuk menggunakan semua anggota tubuh dalam memainkan bola. Akan tetapi, dengan kemampuan melakukan gerakan menendang bola yang dimiliki saat itu kelihatannya kita sudah bisa bermain sepakbola. Teknik-teknik dasar menendang bola tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.

    1. Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan benar, ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola pada sisi dalam kaki.

    2. Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang lurus ke arah bola, perkenaan bola pada bagian punggung kaki.

    3. Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.

    Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah dalam, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah dalam.

    4. Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Bagian Luar Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian luar dengan benar, ayunkan kaki belakang membentuk setengah lingkaran ke arah luar, perkenaan bola pada punggung kaki sebelah luar. B. Pembelajaran Teknik Menahan Bola

    Menahan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepakbola. Apabila dilihat dari pergerakan menahan bola, maka sebenarnya gerakan ini merupakan kebalikan dari gerakan teknik menendang bola. Menahan bola dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain : menahan bola dengan telapak kaki, dengan punggung kaki, dengan kaki bagian dalam, dengan paha, dan dengan dada. Untuk menguasai teknik menahan bola, setiap siswa harus berlatih dengan tekun.

    BalasHapus
  35. Nama:Gaizka Khairi Hasfi
    VII :Al-Huffadz

    Sepak bola adalah permainan bola besar,pemain tidak boleh main bola mangguanakan tanggan selain penjaga gawang,waktu permainan sepak bola adalah (45x2)dengan 2 babak pemain beristirahat 10 menit

    BalasHapus
  36. Nama : Khaylla Putri.E
    Kelas : VII (AL-MUSAWWIR)


    Pengertian Sepak Bola
    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola.
    Asal Usul Sepak Bola
    Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA).
    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
    a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
    b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
    c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah.
    d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
    e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
    f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.

    g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
    h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
    i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.

    Teknik-teknik menendang, menahan, dan menggiring bola pada permainan sepakbola
    a. Pembelajaran Teknik Menendang Bola
    b. Pembelajaran Teknik Menggiring Bola

    BalasHapus
  37. Nama : Febriani Amelia Vega
    Kelas: 7 Al - Qahhaar
    Sepakbola Permainan sepakbola merupakan permainan beregu bola besar yang memerlukan keterampilan dan kerja sama yang baik. Kerja sama yang terjalin akan menghasilkan sebuah prestasi yang baik pula. Tanpa kerja sama mustahil sebuah gol akan terjadi. Untuk itu diperlukan teknik-teknik permainan yang beragam, baik individu maupun tim. Jadi, bagaimanakah cara mempelajari teknik dasar permainan sepakbola yang benar? Teknik permainan sepakbola terdiri dari bermacam-macam gerakan. Keahlian seseorang dalam mempermainkan bola sangatlah berguna untuk suatu pertandingan yang berkualitas. Untuk dapat bermain sepakbola dengan baik dan terampil.

    BalasHapus
  38. Nama muhammad anjas
    Kelas al-gaffaar

    Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA)

    BalasHapus
  39. Nama:vierdy audya vertadi
    VII al-mushawwir

    Pembe lajaran menendang
    Menggunakan Punggung Kaki Bagian Dalam Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki bagian dalam dengan cara berikut ini.

    BalasHapus
  40. kejuaraan sepak bola dunia di adakan 4 tahun sekali . pada tANGGAL 19 APRIL 1930 DIBENTUK PERSATUAN SEPAK BOLA SELURUH INDONESIA [PSSI] DI YOGYAKARTA DENGAN DUKUNGAN SELURUH BOND BOND. PENGURUS PSSI PERTAMA KALI DI KETUAI OLEH IR. SOERATIN SOSROSOEGONDO. MULAI TAHUN 1966 DIADAKAN KEJUARAAN SEPAK BOLA TINGKAT TARUNA REMAJA DENGAN NAMA PIALA SOERATIN [SOERATIN CUP]
    nama:faqih hidayattulah
    kelas:VII AL GHAFFAR

    BalasHapus
  41. Nama: Rendi Abdul fatier. Kelas:VII AL-GHAFFAR. Permainan bola besar atau bisa juga di sebut sepak bola asal usul Sepak bola adalah suatu permainan yg di lakukan dengan cara menyepak bola kian kemari untuk di perebutkan di antara pemain-pemain yg mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke dalam gawan dan mempertahan gawang sendir agar tidak kemasukan bola sepak bola merupakan permainan beregu masing masing regu terdiri 11 pemain sebelasnya dimainkan dalam 2 babak ( 2×45 ) dengan waktu istirahat 10 menit

    BalasHapus
  42. nama:raden aulia rahma augustin
    kelas:V11 AL-HUFFADZ

    Sepak bola merupakan salah satu cabang olahrga permainan beregu dan termasuk ke dalam jenis permainan bola besar.
    Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana atau bermain sepak bola dengan memodifikasi peraturan,artinya aturan bermain di sesuaikan dengan situasi dan kondisi.contohnya,jumlah pemain sepak bola yang sebenernya ada 11 orang dalam tiap regu.oleh karena keterbatasan luas lapangan atau jumlah pemain,maka kalian bisa memodifikasi aturan permainan dengan jumlah pemain di ubah menjadi 8 org.waktu yang seharusnua 2 × 45 menit di ubah menjadi 2 × 20 mnit

    BalasHapus
  43. Permainan sepak bola ialah bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitannya dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencanadan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

    BalasHapus
  44. Nama:Aditya Muhammad Marlan
    Kelas:7 Al-Mushawwir

    Permainan sepak bola adalah permainan beregu yang memerlukan teknik permainan yang baik,baik secara individu maupun beregu. Untuk itu diperlukan teknik permainan yang beragam,keahlian seseorang dalam permainan bola sangatlah berguna untuk suatu permainan yang berkualitas oleh karena itu permainan sepak bola harus menguasai semua teknik dasar sepak bola.

    BalasHapus
  45. NAMA : ABIWANGSA PRAWIRA BUANA
    KELAS : VII AL MUSHAWWIR


    SEPAK BOLA ADALAH OLAH RAGA PERMAINAN YANG BISA DI MAIN KAN DI MANA SAJAH MASING MASING TIM TERDIRI DARI 11 PEMAIN INTI.
    SEDANGKAN KALO SEPAK BOLA MODERN DI MAINKAN DANGAN 6 PEMAIN INTI DI ANTARA NYA 3 ORANG MAJU /[SETRAEKER] 2 ORANG BEK DAN
    1 ORANG PENJAGA GAWANG ATAU YANG BIASA KITA KENAL ADALAH KIPER


    BalasHapus
  46. Nama:Giffard Bilal Hymie
    Kelas:VII Al-Musshawwir

    Pembelajaran Menendang dengan Menggunakan Punggung Kaki Sekarang coba kamu praktikkan cara menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan cara berikut ini. a) Amati dan rasakan perkenaan bola dengan bagian kaki dan guliran bola. b) Temukan pola gerakan yang paling sesuai buat dirimu. c) Sekarang coba kamu ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi kiri, tengah, dan kanan bola; serta amati arah jalannya bola. Untuk dapat menendang bola dengan menggunakan punggung kaki dengan benar, ayunkan kaki belakang lurus ke arah bola, perkenaan bola pada bagian punggung kaki.

    BalasHapus
  47. Nama:YOSI AULIA RAMADHANI
    Kelas:VII AL-HUFFADZ

    •Pengertian dan Asal-Usul Sepakbola

    Sepakbola adalah suatu permainan
    yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.

    Pada zaman Cina Kuno semasa pemerintahan Dinasti Han, sepakbola dikenal dengan istilah tanchu. Di Italia pada zaman Romawi dikenal sebagai haspartun, di Perancis yang selanjutnya menyebar ke Normandia dan Britania (Inggris), dikenal dengan choule. Di Yunani Kuno dikenal istilah epishyros dan di Jepang dikenal istilah Kemari. Pada tanggal 26 Oktober 1863 didirikan sebuah badan yang disebut “English Football Assosiation”. Kemudian tanggal 8 Desember 1863 lahirlah peraturan permainan sepakbola modern yang disusun oleh badan tersebut yang dalam perkembangannya mengalami perubahan. Atas inisiatif Guerin (Perancis) pada tanggal 21 Mei 1904 berdirilah federasi sepakbola internasional dengan nama “Federation International de Football Assosiation” (FIFA).
    Menggiring bola (dribbling) pada dasarnya adalah melakukan gerakan menendang bola secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan.

    BalasHapus
  48. Assalamualaikum
    Nama=Syafira Fitriani
    Kelas=7 Al-huffadz

    Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian kemari untuk diperebutkan diantara pemain pemain,yang bertujuan memasukan bola kegawang lawan dan mempertahankan bola masuk ke gawang sendiri.biasanya permainkan sepak bola dimainkan dalam 2 babak (2×45 menit)dengan waktu istirahat 10 menit diantara dua babak tersebut.teknik teknik dasar sepak bola antara lain:menendang bola,menahan bola (trapping),menggiring bola (dribbling),gerak tipu,menyundul bola (heading),merebut bola (tackling),lemparan ke dalam (throw-in)dan teknik penjaga gawang.tanpa penguasaan teknik teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepak bola dengan baik dan kamu tidak mungkin
    dapat menciptakan kerja sama dengan pemain lain. Kerja sama dalam permainan sepakbola merupakan inti dari permainan sepakbola.

    BalasHapus
  49. Adhwa kawakiba
    VII AL HUFFADZ
    ~sepak bola adalah permainan yang dilakukan dengan jalan menyepakbola untu direbut oleh para pemain dan bertujuan memasukan bola ke gawang
    ~aturan saat bermain sepak bola:
    •setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan
    •penjaga gawang diperbolehkan bermain menggunakan tangan di daerah gawang
    ~1 regu terdiri dari 11 0rang pemain
    ~dimainkan dalam 2 babak (2×45menit)dan istirahat 1o menit
    NAMA SEPAK BOLA DI SELURUH DUNIA
    •cina kuno:TANCHU
    •italia zaman romawi:HASPARTUN
    •perancis,inggris,normandia:choule
    •yunani kuno:epishyros
    •jepang:kemari
    Pada tanggal "21 MEI 1904" didirikan FIFA
    "FEDERATIONINTERNASIONA DE FOOTBALL ASOSIATON"
    •sepak bola dunia diadakan 4 tahun sekali.
    •pada tanggal 19 april 1930 dibentuk [PSSI]
    "PERSATUAN SEPAK BOLASRLURUH INDONESIA"DI yogyakarta dan diketuai oleh
    "IR.SOERATIN DOESROGONDO."
    •TAHUN1966 DIADAKAN KEJUARAAN SEPAK BOLA dengan nama
    "SOERATIN CUP"




    BalasHapus
  50. ini. Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawang yang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan di daerah gawang. Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut. Dari peninggalan-peninggalan sejarah, kita mengenal beberapa sebutan sepakbola.

    BalasHapus
  51. Nama:Ratu alinda ana tasya
    Kls:VII al-qohhar
    Sepak bola adalahsuatu permainan yg di lakukandengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk di perebutkan di antara pemain-pemain yg mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri.
    Setiap pemain boleh menggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan.

    BalasHapus
  52. Nama :zakhwan abid ramadani
    Kls:VII AL hufazd
    Sepak bola adalah peramainan yang dilakukan oleh ke dua tim bertujuan untuk mamasukan bola ke gawang dilakukan dengan jalan menyepak yang boleh mengunakan tangan hanyalah penjaga gawang selain penjaga gawang tidak boleh setiap tim akan merebutkan bola nya

    BalasHapus
  53. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahrga permainan beregu dan termasuk ke dalam jenis permainan bola besar.
    Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana atau bermain sepak bola dengan memodifikasi peraturan,artinya aturan bermain di sesuaikan dengan situasi dan kondisi.contohnya,jumlah pemain sepak bola yang sebenernya ada 11 orang dalam tiap regu.oleh karena keterbatasan luas lapangan atau jumlah pemain,maka kalian bisa memodifikasi aturan permainan dengan jumlah pemain di ubah menjadi 8 org.waktu yang seharusnua 2 × 45 menit di ubah menjadi 2 × 20 menit
    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
    a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
    b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
    c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah.
    d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
    e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
    f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
    g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
    h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
    i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.

    BalasHapus
  54. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahrga permainan beregu dan termasuk ke dalam jenis permainan bola besar.
    Bermain sepak bola dengan peraturan sederhana atau bermain sepak bola dengan memodifikasi peraturan,artinya aturan bermain di sesuaikan dengan situasi dan kondisi.contohnya,jumlah pemain sepak bola yang sebenernya ada 11 orang dalam tiap regu.oleh karena keterbatasan luas lapangan atau jumlah pemain,maka kalian bisa memodifikasi aturan permainan dengan jumlah pemain di ubah menjadi 8 org.waktu yang seharusnua 2 × 45 menit di ubah menjadi 2 × 20 menit
    Cara bermain sepakbola yang dimodifikasi adalah sebagai berikut.
    a. Jumlah pemain 12 orang (untuk dua tim) masing-masing 6 pemain untuk satu tim.
    b. Pada garis lapangan dipasang gawang atau tiang bendera kecil.
    c. Lapangan yang dapat digunakan adalah lapangan basket atau bola voli yang memiliki garis tengah.
    d. Tiap tim menempatkan 3 pemain penyerang pada daerah lapangan lawan dan 2 pemain bertahan pada daerah lapangan sendiri.
    e. Setiap pemain berusaha mempertahankan gawangnya dan melakukan serangan.
    f. Pemain bertahan dan penyerang hanya boleh bergerak di daerah yang ditempatinya.
    g. Bila pemain bertahan dapat merebut bola segera berikan operan pada temannya yang ada di daerah lawan.
    h. Tim dianggap menang apabila dapat memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin.
    i. Waktu permainan untuk setiap tim 5–10 menit.

    BalasHapus
  55. Kholifsalam Mahdalkhoir
    7 al-mushawwir

    Sepak bola olahraga bola besar yg di mainkan beregu. Tiap regu terdiri dari sebelas pemain.
    Waktu permainan sepak bola adalah 2×45 menit dengan waktu istirahat 10 menit.

    Teknik atau cara permainan sepakbola adalah
    1. Menendang,. Mengumpan dan menembak ke arah gawang
    2. Menggiring(dribbling) mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan menghambat permainan
    3. Mengontrol/menghentikan bola(stoping)
    4. Menyundul(heading) menerima umpan bola dan melayang dari atas
    5. Merampas (tackling) mengambil merampas bola dari lawan
    6. Lemparan kedalam(trow-in) melempar ke dalam ketika bola keluar lapangan
    7. Dan menjaga gawang(goal keeping) mempertahankan gawang agar tidak kemasukan

    BalasHapus
  56. Keisha Hanifah 7 Al Huffadz
    Sepakbola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola kian-kemari untuk diperebutkan di antara pemain-pemain.
    Sepakbola merupakan permainan beregu yang masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain. Biasanya permainan sepakbola dimainkan dalam dua babak (2x45 menit) dengan waktu istirahat 10 menit di antara dua babak tersebut.

    BalasHapus
  57. Nama : M.Guntur Abimanyu
    Kelas: 7 Al-Qahar


    Sepak bola adalah permainan beregu,yang tiap regu terdiri dari sebelas orang pemain salah satunya adalah penjaga gawang,permainan seluruhnya menggunakan kaki kecuali penjaga gawang boleh menggunakan tangan di daerah hukumannya.Permainan sepak bola banyak melibatkan banyak unsur seperti teknik,fisik,mental dan taktik.

    Permainan sepak bola juga dapat didefinisikan sebagai permainan menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh kedua tim atau kesebelasan yang berbeda dengan maksud untuk memasukkan bola ke gawang lawan untuk mempertahankan gawang sendiri supaya tidak kemasukan bola.Ketentuan lapangan maksimal 120 m,lebar lapangan minimal 45 m,dan lebar lapangan maksimal 90 m.Untuk pertandingan internasional panjang minimal adalah 100 m,panjang maksimal 110 m, lebar minimal 64 m,dan lebar maksimal 75 m.

    BalasHapus
  58. Nama:Novita Putri
    Kelas:Al-Mushawwir
    Teknik sepakbola dengan bola antara lain: (1) Teknik menendang bola, (2) Teknik menahan bola (trapping), (3) Teknik menggiring bola (dribbling), (4) Teknik gerak tipu, (5) Teknik menyundul bola (heading), (6) Teknik merebut bola (tackling), (7) Teknik lemparan ke dalam (throw-in) dan (8) Teknik penjaga gawang. Tanpa penguasaan teknik dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat bermain sepakbola dengan baik. Sekarang coba kamu baca berbagai teknik dasar permainan sepakbola dengan cermat, kemudian bermainlah bersama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis keterampilan yang ada dalam buku ini, kemudian diskusikan cara-cara bermain yang baik.

    BalasHapus
  59. Fariz solahuddin kelas 8 al muhaimin

    BalasHapus
  60. Hisahito alfarezi 8 Al-Muhaimin

    BalasHapus

PING PONG ADALAH TENIS MEJA

  PENGERTIAN TENIS MEJA: Sejarah, Peraturan & Teknik Dasar Tenis Meja Pengertian Tenis Meja  – Di kalangan masyarakat Indonesia, tenis...